Senin, 23 Maret 2009

Mabadi’ Khaira Ummah

1. As-Sidqu (berlaku jujur) yaiusifat kejujuran atu kebenaran, kesungguhan dan keterbukaan. Kejujuran adalah satunya kata dan perbuatan, ucapan dan pikiran. Apa yang diucapkan sama dengan yang dibatin. Jujur dalam hal ini berarti tidak plin-plan dan tidak dengan sengaja memutarbalikkan fakta atau memberikan informasi yang menyesakan. Dan tentu saja jujur pada dirinya sendiri. Termasuk dalam hal ini adlah jujur dalam bertransaksi, menjauhi segala bentuk-bentuk penipuan, demi mengejar keuntungan. Jujur dalam bertukar pikiran artinya adlah mencari maslahat dan kebenaran serta bersedia mengakui dan menerima pendapat yang lebih baik.

2. al-Aamanah wal wafa’ bil ahdi (dapat dipercaya, setia dan tepat janji). Butir ini memuat dua istilah yang saling menglait, yaitu al-amanah dan wafa’ bil ahdi. Yang pertama secara lebih umum meliputi semua beban yang harus dilaksanakan, baik perjanjian atau tidak. Sedangkan yang kedua berkaitan dengan pelaksanaan perjanjian. Kedua istilah dalam satu kesatuan pengertian yang meliputi; dapat dipercaya, setia dan tepat janji,. Dapat dipercaya adlah sifat yang dilekatkan pada seseoirang yang dapat melaksanakan tugas yang dipikulnya, baik yang bersifat diniyyah maupun ijtimaiyyah (kemasyaraktan). Sifat-sifat ini menghindarkan seseorang dari bentuk kelalaian dan manipulasi tugas dan jabatan.

3. al-adalah (bersikap dan berlaku adil, melaksanakan kewajiban dan memberikan hak kepada seseorang secara propporsional) artinya adlah bersikap adil mengandung pengertian obyekif, proporsional dan azas. Sikap ini mengharuskan seseorang berpegang kepada kebenaran, obyektifdan menempatkansegala sesuatu pada tempatnya. Distorsi penilaian sangat mungikin akibat pengruh emosi, sentiman pribadi, atau kepentingan egoistic. Distorsi semacam ini dapat menjerumuskan seseorang kedalam kesalahan fatal dalam mengambil sikap tterhadap suatu persoalan. Akibatnya akan tterjadi kekeliaruan betindak, yang bukan saja tidak menyelesaikan masalah bahkan menambah keruwetan. Lebih-lebih jika perselisihannya terjadi diantara berbagai pihak. Dengan sikap obyektif dan proporsional distorsi dapat dihindari.

4. at-ta’awun (tolong menolong, setia kawan, gotong royong dalam kebaikan dan taqwa) merupakan sendi utama dalam tata kehidupan bermasyarakat. Manusia idak dapat hidup sendiri tanpa bantuan pihak lain. Pengertian ta’awun meliputi tolong menolong, setiakawan dalam kebaikan dan taqwa (wa ta’awanu ‘alal birri wa taqwa). Al-birru artinya kebaikan dan taqwa dengan mempertoleh ridlo Allah swt. memperoleh keduanya artinya memeperoleh kebahagiaan yang sempurna. Ta’awun juga mengandung pengertian timbale-balik unuk saling memberi dan menerima. Dengan sifa ta’awun mendorong seseorang untuk berusaha agar dapat memiliki sesuau yang dapat disumbangkan kepada orang lain dan kepentingan bersama.
al-istiqomah (konsisten, berkesinambungan, dan berkelanjutan). Mengandung pengerian ajeg-ajeg, berkesinambungan dan berkelanjutan. Ajeg-ajeg artinya teap idak bergeser dari jalur (thoriqah) yang sesuai dengan ketentuan Allah swt dan Rasul-Nya, untunan yang diberikan oleh salafussholeh dan aturan main serta rencana-rencana yang disepakati bersama. Berkesinambungan artinya keterklaitan antara satu kegiatan dengan kegiaan yang lain dan antara sau periode dengan periode yang lain sehingga kesemuanya merupakansatu-kesatuan yang tak terpisahkan dan saling menopang seperti sebuah bangunan. Sedangkan makna berkelanjutan; bahwa pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut merupakan proses yang berlangsung terus menerus tanpa mengalami kemandegan, dan merupakan satu proses maju (progressing) bukannya berjalan di tempat (stagnant).

1 komentar:

  1. Casino App in NJ: Review and Bonus Code for $25 Free
    › casino-app-in-nj- › casino-app-in-nj- What does the Casino App do? — What 부산광역 출장안마 does the Casino App do? Casino App in New Jersey: Casino 강원도 출장안마 App in NJ: Casino App in NJ: Casino App in NJ: Casino App in 인천광역 출장안마 NJ: 남양주 출장마사지 Casino App in NJ: Casino App in NJ: Casino App 제주도 출장안마 in NJ: Casino App in

    BalasHapus