Senin, 02 Januari 2012

DO’A RINGKAS MANASIK HAJI


A. DO’A KELUAR RUMAH

بِسْمِ اللهِ أٰمَنْتُ بِاللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ.

Artinya:

“Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

B. DO’A SEWAKTU BERADA DI ATAS

KENDARAAN

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسٰهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ.

Artinya:

“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

C. DO’A SEWAKTU KENDARAAN MULAI BERGERAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلىٰ رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini kepada kami padahal kami tiada kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan, kami pasti akan kembali.”

D. DO’A KETIKA TIBA DI TEMPAT
TUJUAN

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَ شَرِّ مَا فِيْهَا.

Artinya:

“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikannegeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

E. DO’A MASUK KOTA MADINAH

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُ رَسُوْلِكَ فَاجْعَلْهُ لِيْ وِقَايَةً مِنَ النَّارِ وَأَمَانَةً مِنَ اْلعَذَابِ وَسُوْءِ اْلحِسَابِ.

Artinya:

“Ya Allah, negeri ini adalah tanah haram Rasul­Mu Muhammad SAW, maka jadikanlah penjaga bagiku dari neraka, aman dari siksa dan buruknya hisab (perhitungan di hari kemudian).”

F. DO’A MASUK MASJID NABAWI

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. وَاغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya. Ampunilah dosaku dan bukakanlah untukku pintu pintu rahmat-Mu.”

G . NIAT UMRAH DAN NIAT HAJI

Niat Umrah:

لَبَّيْكَ اَللّٰهُمَّ عُمْرَةً

Artinya:

“Aku sambut panggilan-Mu Ya Allah untuk
bermurah. “

Bacaan Talbiyah:

لَبَّيْكَ اَللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ اْلحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَاْلمُلْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ.

Artinya:

“Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu tidak ada Sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi pang-gilan-Mu. Sesungguhnya puji, kemuliaan dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu “

H. DO’A IHRAM

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَاحَرَّمْتَ عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala apa yang Engkau haramkan kepada orang yang berihram karena itu rahmatilah aku ya Allah yang Maha Pemberi rahmat “

I. DO’A MEMASUKI KOTA MAKKAH

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَائِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ.

Artinya:

“Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tempat aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

J. DO’A MASUK MASJIDIL HARAM

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ، وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ؛ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَاذَااْلجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ ِلي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari pada-Mulah datangnya keselamatan dan kepada­Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlahkami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau. Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat-Mu. (Aku masuk masjid ini) dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta salawat dan salam untuk Rasulullah.”

K. DO’A KETIKA MELIHAT KA’BAH

اَللّٰهُمَّ زِدْ هٰذَا اْلبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ مَنْ شَرَّفَهُ وَعَظَّمَهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِ اعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَتَكْرِيْمًا وَتَعْظِيْمًا وَبِرًّا.

Artinya:

“Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, Kehormatan dan wibawa pada Bait (Ka’bah) ini. Dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan.”

L. DO’A THAWAF

1. Do’a dalam setiap perjalanan dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلاَ إِلٰهَ إِلاَّاللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.

Artinya:

“Maha Suci Allah, segala puji milik Allah tidak ada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar dan tiada daya dan kekuatan melainkan alas pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

2. Do’a dalam setiap perjalanan antara Rukun
Yamani dan Hajar Aswad

رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأٰخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.”

M. DO’A SA’I

Do’a dalam setiap perjalanan antara Safa dengan Marwah atau sebaliknya:

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ. اَللّٰهُمَّ اسْتَعْمِلْنِيْ بِسُنَّةِ نَبِيِّكَ وَتَوَفَّنِيْ عَلَى مِلَّتِهِ وَأَعِدْنِيْ مِنْ مُضِلاَّتِ الْفِتَنِ.

Artinya:

“Ya Allah, bimbinglah kami untuk beramal sesuai dengan sunnah Nabi-Mu dan matikanlah kami dalam keadaan Islam dan hindarkanlah kami dari fitnah/ujian yang menyesatkan.”

N. DO’A MENGGUNTING RAMBUT

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِكُلِّ شَعْرَةٍ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Artinya:

“Ya Allah jadikanlah untuk setiap helai rambut (yang aku gunting) cahaya pada hari kiamat.

O. DO’A WAKTU MASUK ARAFAH

اَللّٰهُمَّ إِلَيْكَ تَوَجَّهْتُ، وَبِكَ اعْتَصَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِمَّنْ تُبَاهِيْ بِهِ اليَوْمَ مَلاَئِكَتَكَ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

Artinya:

“Ya Allah, hanya kepada Engkaulah aku menghadap, dengan Engkaulah aku berpegang teguh, pada Engkaulah aku berserah diri. Ya Allah, jadikanlah aku di antara orang yang hari ini Engkau banggakan di hadapan Malaikat-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

P. DO’A WUKUF

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِيْ تَقُوْلُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُوْلُ. اَللّٰهُمَّ لَكَ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَاٰبِيْ وَلَكَ رَبِّيْ تُرَاثِيْ. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ اْلقَبْرِ وَوَسْوَاسِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ اْلأَمْرِ. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيْءُ بِهِ الرِّيْحُ.

Artinya:

“Ya Allah, segala puji untuk-Mu, seperti apa
yang Engkau firmankan dan yang baik dari apa- apa yang kami ucapkan. Ya Allah, bagi-Mu shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku dan kepada-Mu tempat kembaliku dan kepada-Mu­lah pemeliharaan apa yang aku tinggalkan.
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan segala urusan.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang dihembuskan oleh angin.“

Q. DO’A KETIKA SAMPAI

DI MUZDALIFAH

اَللّٰهُمَّ إِنَّ هَذِهِ مُزْدَلِفَةُ جُمِعَتْ فِيْهَا أَلْسِنَةٌ مُخْتَلِفَةٌ تَسْأَلُكَ حَوَائِجَ مُتَنَوِّعَةً فَاجْعَلْنِيْ مِمَنْ دَعَاكَ فَاسْتَجَبْتَ لَهُ وَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فَكَفَيْتَهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya ini Muzdalifah telah berkumpul bermacam-macam bahasa yang memohon kepada-Mu . Hajat keperluan yang aneka ragam. Maka masukkanlah aku ke dalam golongan orang yang memohon kepada-Mu, lalu orang yang memohon kepada-Mu, lalu Engkau penuhi permintaannya, yang berserah diri pada- Mu lalu Engkau lindungi dia. Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.“

R. DO’A KETIKA SAMPAI DI MINA

اَللّٰهُمَّ هٰذَا مِنَى فَامْنُنْ عَلَيَّ بِمَا مَنَنْتَ بِهِ عَلَى أَوْلِيَائِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ.

Artinya:

“Ya Allah, tempat ini adalah Mina, maka anugerahilah aku apa yang Engkau telah anugerahkan kepada orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

S. DO’A MELONTAR JAMRAH

بِسْمِ اللهِ اَللهُ أَكْبَرُ

Artinya:

“Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar. “

T. DO’A KETIKA PULANG HAJI

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ لاَإِلٰهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. اٰئِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ سَاجِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ.

Artinya:

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah
Maha Besar Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan dan milik-Nya semua pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Semoga kami termasuk orang-orang yang kembali, orang ahli taubat, orang ahli ibadah, ahli sujud dan kepada Allah kami semua memuji, benar janji­Nya,menolong hamba-Nya dan menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya.

U. DO’A SAAT BERKUMPUL DENGAN
ANAK SAUDARA

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. وَالْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ لاَيَمُوْتُ وَلاَيَفُوْتُ أَبَدًا, نَحْمَدُكَ اَللّٰهُمَّ بِمَنَاسِكِنَا اَدَاءً, وَبِسُنَّةِ نَبِيِّكَ اِتِّبَاعًا تَوْبًا تَوْبًا تَوْبًا لِرَبِّكَ اَوْبًا لاَ يُغَادِرُ حَوْبًا. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِمَنِ اسْتَغْفَرْنَاهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِنَا وَإِخْوَانِنَا وَجَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ يَاعَزِيْزُ يَاغَفَّارُ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya:

“Degan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.Segala puji hanya tertuju kepada Allah yang tidak akan pernah mati dan sirna selamanya. (Sesungguhnya) kami bertahmid kepada-Mu Ya Allah dengan ibadah Manasik (haji) kami yang telah’kami selesaikan dan dengan Sunnah Nabi-Mu yang telah-kami jalani.Kami bertaubat, kami bertaubat, kami bertaubat kepada Allah,kami mengharap taubat yang diterima, kami tidak akan mengulangi dosa-dosa lagi. Ya Allah ampunilah kami dan orang-orang yang kami mintakan ampunan kepada-Mu dari ahli bait kami, saudara-saudara kami, dan segenap kaum muslimin dan muslimat, wahaiTuhan yang Maha Gagah dan Maha Pengampun dengan memohon rahmat-Mu wahai zat Yang Maha Pengasih.

V. DO’A BIMBINGAN JAMAAH SAKIT

Do’a minum obat:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ أَذْهِبِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ, اِشْفِ أَنْتَ الشَّافِيْ لاَشِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ لاَيُغَادِرُ سَقَمًا.

Artinya:

“Ya Allah, aku mohon kesehatan kepada-Mu hilangkanlah penyakit wahai Pemelihara manusia. Sembuhkanlah karena Engkaulah yang dapat menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Engkau, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit.”

Do’a mohon kesembuhan:

أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَنِيْ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا.

Artinya:

“Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Yang memiliki “Arasy yang besar agar menyembuhkan aku, dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit.”

Do’a menghilangkan rasa sakit.

بِسْمِ اللهِ ۳ X أَعُوْذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ ۷ X

Artinya:

“Bismillah (Dengan Nama Allah) 3 x Aku berlin­dung, kepada Kemuliaan Allah dan Kekuasaan­nya dari kejahatan apa yang aku derita dan aku khawatirkan 7 x.

Dzikir Ketika Sakit:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ

Artinya:

“Maha Suci Allah dan dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Besar.”

Mendo’akan pasien agar tetap tabah dan sabar:

اَللّٰهُمَّ ثَبِّتْ بِاْلقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي اْلأَخِرَةِ وَاجْعَلْ مِنْ أَهْلِ السَّعَادَةِ مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ.

Artinya:

“Ya Allah, tabahkanlah iman di dalam hatinya
sejak dunia hingga di akhiratnya. Dan jadikanlah dia termasuk di antara orang yang beruntung bersama orang-orang yang telah Engkau beri nikmat: yaitu para nabi, orang-orang yang benar dan para syuhada serta orang-orang saleh.”


4 komentar: