Kamis, 18 Desember 2008

TKI Ilegal dan Gajinya

1. Diskripsi Masalah

Sulitnya ekonomi dan rendahnya upah tenaga kerja di dalam negeri telah mendorong banyak orang untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dengan berbagai cara. Di antara mereka menempuh cara-cara illegal, misalnya dengan dokumen-dokumen palsu atau dengan menggunakan visa kunjungan. Fakta ini telah menyisakan permasalahan yang menyangkut hukum Islam mengenai statusnya sebagai TKI illegal atau tidak resmi dan gaji yang diperolehnya.

2. Pertanyaan

· Bagaimanakah hukum TKI illegal dan gajinya ?


3. Jawaban
Hukum bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dengan menempuh cara-cara illegal atau tidak resmi yang terlarang adalah tetap sah pekerjaan yang dilakukan dan halal gajinya, tetapi penggunaan cara-cara illegal atau tidak resmi yang terlarang menurut agama adalah haram sebagaimana larangan jual beli ketika adzan Jum’at dikumandangkan bagi orang yang berkewajiban; jika dilakukan jual beli adalah tetap sah, tetapi haram karena melanggar larangan.

4. Dasar Penetapan :
a. Al-Qur'an
1. ﴿ وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ءَايَتَيْنِ فَمَحَوْنَا ءَايَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا ءَايَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِتَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا ﴾ (الإسراء : 12)
b. As-Sunnah

1. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَأَنْ يَأْخُذَ أَحَدُكُمْ حَبْلَهُ فَيَحْتَطِبَ عَلَى ظَهْرِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَأْتِيَ رَجُلًا فَيَسْأَلَهُ أَعْطَاهُ أَوْ مَنَعَهُ. (متفق عليه واللفظ للبخاري)

c. Aqwal al-'Ulama
1. قال النووي :
قال الشافعي في «الأم» والأصحاب إذا تبايع رجلان ....... من أهل فرضها أو أحدهما من أهل فرضها ....... وإن كان بعد جلوسه على المنبر وشروع المؤذن في الأذان حرم البيع على المتبايعين جميعـاً سواء كانا من أهل الفرض أو أحدهما، ولا يبطل البيع. (المجموع شرح المهذب، محيى الدين بن شرف، المحقق : محمود مطرحي، دار الفكر، بيروت، السنة 1417، الطبعة 1، ج 4، ص 419)
2. قال البجيرمي :
قوله أولى من قوله ويحرم الخ لأنه لا يلزم من الحرمة عدم الصحة كالبيع وقت نداء الجمعة فإنه صحيح مع الحرمة. (حاشية البجيرمي على شرح منهج الطلاب / التجريد لنفع العبيد، سليمان بن عمر بن محمد البجيرمي، المكتبة الإسلامية، ج 4، ص 447)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar